Penang Bridge, Jembatan Super Panjang di Malaysia

Salah satu dari beberapa jembatan terpanjang di dunia ternyata ada di Malaysia. Ya, dialah Penang Bridge.

Jembatan Penang (Jambatan Pulau Pinang dalam bahasa Melayu) adalah sebuah jembatan tol dua jalur super panjang yang menghubungkan Bayan Lepas di pulau Penang dan Seberang Prai di daratan Malaysia. Jembatan ini juga berhubungan dengan Jalan Lintas Utara-Selatan di Prai dan Jalan Tol Jelutong di Bayan Lepas. Jembatan sepanjang 13,5 km ini juga merupakan salah satu landmark yang paling romantis lho.

Proyek Penang Bridge adalah ide asli dari Perdana Menteri Malaysia kedua, Almarhum YAB Tun Abdul Razak bin Dato’ Hussain dan perencanaannya baru dimulai pada tahun 1960. Pada tahun 1971, Pemerintah Malaysia sadar bahwa untuk mewujudkan potensi pertumbuhan ekonomi di Negara Bagian Penang, hubungan antara pulau dan daratan harus dibangun.

Keputusan untuk memulai pembangunan dibuat oleh YAB Tun Dr Mahathir bin Mohamad, Perdana Menteri Malaysia keempat. Dan pada tahun 1982 Tun Dr Mahathir bin Mohamad secara resmi mengunjungi jembatan tersebut.

Akhirnya, setelah pembangunan yang memakan waktu hampir 3 tahun lebih, jembatan ini pun resmi dibuka untuk lalu lintas pada 14 September 1985 oleh Wakil Perdana Menteri, YAB Tun Musa bin Hitam.

Jembatan Penang telah menjadi salah satu landmark terkenal di negeri ini, jembatan ini telah memberikan kontribusi signifikan terhadap perkembangan sosial-ekonomi, budaya dan sosial di Penang sejak ia dioperasikan pada tahun 1985. Pengguna jalan hanya perlu membayar tarif ketika menuju Penang, dan tidak perlu membayar ketika meninggalkan pulau. Kecepatan rata-rata kendaraan pun dibatasi hingga 80 km/jam.

Sebelum tahun 1985, transportasi antara pulau Penang dan daratan hanya dilayani oleh feri antara Butterworth dan George Town.

Berkat desain dan fiturnya yang khas, Jembatan Penang ini dianugerahi Grand Award di United States of America Engineering Excellence Competition yang disponsori oleh Council of Consulting Engineers, Washington pada tahun 1986 dan Penghargaan FIABCI Special Award (Development and Construction Phase Category) dari International Real Estate Federation of Malaysia pada tahun 1993.

Pemandangan yang paling unik dan indah bisa anda dapatkan di malam hari, jadi jangan sia-siakan jembatan cantik ini.


Pasang Iklan di JalanJalanAsyik.Com Sangat Mudah, klik di sini...
You can leave a response, or trackback from your own site.

One Response to “Penang Bridge, Jembatan Super Panjang di Malaysia”

  1. Agus Samosir says:

    good bridge

Leave a Reply

Plugin from the creators ofBrindes Personalizados :: More at PlulzWordpress Plugins