Curug-Curug Sukabumi, Si Surga Tersembunyi

Jika anda berkunjung ke Sukabumi anda akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa dan tergolong masih asri.

Objek wisata alam merajai setiap jalur peta yang anda miliki. Mulai dari objek wisata air terjun, gua-gua, sumber mata air panas, pegunungan, bumi perkemahan, hingga pantai-pantai indah yang tersebar hingga ke pelosok daerah Sukabumi.

Dan semua tempat tersebut harus dijangkau dengan perjalanan yang panjang dan perjuangan yang melelahkan. Namun, apa yang akan anda temui lebih dari segala tenaga yang anda korbankan.  Kesempurnaan, keindahan, keagungan, dan kepuasan.

Objek wisata alam yang ingin saya ingin bagi kepada anda adalah air terjun/ curug-curugnya yang indah yang tak terhitung jumlahnya, berikut ini adalah sepenggal cerita yang bisa anda nikmati sebagai rekomendasi liburan ketika berkunjung ke Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia. ;)

Curug Cikaso

Sebenarnya air terjun ini bernama Curug Luhur, tapi banyak masyarakat yang lebih suka menamainya Curug Cikaso. Ini karena airnya mengalir dari anak Sungai Cikaso. Untuk menjangkau tempatnya kita butuh seorang pemandu, sebab rute menuju curug ini tidak memiliki penunjuk jalan sama sekali. Biaya sewa pemandunya relatif mahal, yakni kurang dari Rp.100.000. Ini harga yang sesuai menurut saya untuk ukuran pemandu yang membawa kita menuju surga yang tersembunyi ;).

Jalur darat yang dilalui merupakan medan yang cukup sulit, selain karena tidak bisa dilalui dengan kendaraan roda empat maupun roda dua, anda juga harus melalui jalan-jalan kecil dan ladang milik penduduk.

Jika anda tidak suka berjalan di jalur darat, anda mungkin bisa lebih rileks dengan mengambil jalur sungai. Banyak wisatawan yang lebih suka mengambil jalur yang satu ini, selain karena kaki anda tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga, anda juga hanya akan disuguhi pemandangan di sepanjang aliran sungai dari atas perahu boat yang anda tumpangi. Saking takjubnya anda mungkin bertanya-tanya “Apakah kita sedang berada di Grand Canyon?” :D. Tidak, anda masih di Sukabumi.

Curug ini terletak di di kampung Ciniti, kelurahan Cibitung, kecamatan Cibitung – Jampang Kulon, yaitu sekitar70 km dari Pelabuhan Ratu. Di kawasan ini juga terdapat curug yang tidak kalah menawan dengan Curug Cikaso, yaitu Curug Cingangsa. Hanya sekitar 10 km dari Curug Cikaso.

Curug Sawer

Kalau anda pernah berkunjung ke danau cantik Situ Gunung, anda pasti tahu air terjun yang manis satu ini. Ini karena air terjun ini masih berada dalam Kawasan Wisata Situ Gunung – Taman Nasional Gede-Pangrango (TNGP). Untuk menempuhnya anda membutuhkan perjuangan dan semangat khusus selain karena medannya yang menantang, jaraknya juga relatif jauh dari wisma yang ada di Situ Gunung.

Jika anda berminat, silakan catat alamatnya ;). Curug ini terletak di Desa Gedepangrango, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat.

Saya sarankan untuk mengunjunginya pada pagi hari tepat ketika sinar mentari menembus lembah-lembah dan bersinar di atas curug ini. Curug ini membuat saya jatuh cinta dan ingin kembali lagi ke sini.

Curug Cangkuang

Bagi anda yang sudah biasa berkemah di Wana Wisata Cangkuang pasti kenal dengan nama air terjun ini.

Walaupun udara pegunungan pada pagi hari benar-benar menggigit dan membuat anda menggigil tapi ketika menceburkan diri di kolam air terjun ini anda dijamin tidak lagi kedinginan. Suhunya lumayan hangat karena mengandung belerang.

Yang menarik dari curug ini bukan hanya datang dari seberapa keras perjuangan anda dalam menempuhnya, tapi juga warna dasar kolamnya yang memikat walaupun anda sebenarnya tahu bahwa itu karena adanya endapan belerang di dalamnya. Anda seperti menemukan kepuasan tersendiri ketika tiba dengan kaki pegal sembari menikmati air terjun itu lebih dalam.

Curug ini berada sekitar 1 km dari pinggir jalan aspal dekat pintu masuk gerbang dengan melewati kawasan hutan pinus. Sedangkan wana wisata Cangkuang yang menaunginya berada sekitar 12 km dari pinggir jalan Raya Sukabumi ke area Wana Wisata Cangkuang.

Curug Cikanteh

Ada curug yang memiliki tiga nama sekaligus. Ini karena curug tersebut memiliki tiga tingkat terjunan air, yang paling dasar bernama Curug Sodong, lalu Curug Ngelai, dan terakhir Curug Cikanteh. Bagi saya, air terjun ini merupakan salah satu surga tersembunyi yang ada di Sukabumi. Anda harus menyusuri semak-semak, menyebrangi sungai, dan mendaki bukit hanya untuk menemui air terjun yang berdiri kokoh dengan keanggunannya.

Curug ini terletak di Dusun Cikanteh, Desa Ciwaru, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Sekitar 4 km (1 jam perjalanan) dari pusat desa Ciwaru.

Nah, itulah sepenggal cerita mengenai surga tersembunyi yang ada di Sukabumi. Masih banyak curug-curug lainnya yang belum sempat kami eksplorasi, dan tentu kami akan kembali lagi dengan curug-curug yang sama indahnya, yang luar biasa, anggun bak di surga, dan yang pasti takkan terlupakan dalam kenangan perjalanan anda. :)


Pasang Iklan di JalanJalanAsyik.Com Sangat Mudah, klik di sini...
You can leave a response, or trackback from your own site.

8 Responses to “Curug-Curug Sukabumi, Si Surga Tersembunyi”

  1. Grup Batang says:

    terima kasih infonya saya jga dr kab batang lho

  2. Doyok SeLon says:

    Curug cikanteh tuh ciwaru ciemas bukan fan?

  3. Ka Buto says:

    Heuuh bner,,

  4. curug cimarinjung eta mah uyyy

  5. Ngee Ya Ngee says:

    kira2 brp lama perjalanan menuju ke air terjunya nd terjal ga jln nya !!! klo dari jkt menuju ksana lewat mana yg enak gan…

  6. Teddy Priyono says:

    wkwkkwkwkwk

  7. menakjubkan euy,,,

  8. mantap dan indah nya..kapan2 sya psti liburan ke sana.

Leave a Reply

Plugin from the creators ofBrindes Personalizados :: More at PlulzWordpress Plugins