Mengenal Latar Belakang Negri Cina

Cina sering diabaikan dalam pembicaraan mengenai awal kebudayaan dan ini merupakan kesalahan sebab kebudayaan Cina adalah hal yang paling utama. Jika anda sedang berencana untuk berlibur ke Cina, berikut ini adalah beberapa latar belakang dan informasi yang harus anda ketahui… :)

Nama resmi negara ini adalah Republik Rakyat Cina. Luas wilayahnya lebih dari 3,7 juta mil persegi, yang membuatnya menjadi negara yang besar. Ibukotanya adalah Beijing. Kota-kota besar lainnya adalah Shanghai, Tianjin, Shenyang, Wuhan, Guangzhou, Chongqing, Harbin, dan Chengdu.

Dengan luas daratannya yang besar, anda dapat membayangkan bahwa ada begitu banyak daerah di negara ini. Pada umumnya, anda dapat menemukan dataran, delta dan perbukitan di sebelah timur, sementara gunung-gunung, dataran tinggi dan padang pasir yang luas berada di sebelah barat.

Iklimnya berkisar dari iklim tropis (berada jauh di sebelah selatan) hingga iklim kutub utara yang dingin (berada jauh di sebelah utara berbatasan dengan Siberia, Rusia).

Orang-orang Cina disebut Chinese. Penelitian baru-baru ini menyebutkan bahwa jumlah total penduduk China lebih dari 1,3 miliar jiwa, empat kali lebih banyak dari penduduk Amerika Serikat. :o

Meskipun begitu, pertumbuhan penduduk di Cina telah melambat menjadi kurang lebih setengah persen per tahunnya.

Alasan untuk memperlambat pertumbuhan penduduk ini sangat kontroversial. Mengingat adanya ketegangan ekonomi yang disebabkan oleh pertumbuhan penduduk, Cina telah menerapkan kebijakan yang hanya membolehkan untuk memiliki satu anak per keluarga dengan beberapa pengecualian.

Pemberlakuan kebijakan ini seharusnya dapat dijalankan dengan baik, tapi aborsi paksa telah banyak terjadi meskipun kebijakan pemerintah sebenarnya menentang perbuatan ini.

Pemerintah juga mengharapkan agar dapat menstabilkan jumlah populasi agar tidak melebihi angka 1,6 miliar jiwa di tahun 2050 nanti. Tingkat kematian bayi di Cina saat ini sangat mencengangkan yakni 25,5 per 1.000 kelahiran.

Etnis di Cina sangat beragam karena daerahnya yang luas dan sejarahnya yang panjang. Etnis Han adalah kelompok yang paling dominan dengan jumlahnya yang lebih dari 91% dari populasi. Ini merupakan kelompok yang sangat bebas, dan ini dibuktikan oleh adanya berbagai dialek bahasa di negara tersebut.

Ada tujuh dialek utama dan sebenarnya ada ratusan dialek lokal di negara ini. Mandarin adalah dialek yang paling dominan, yang diucapkan oleh lebih dari 70 persen dari populasi. Jadi bisa dikatakan bahwa hanya 60% dari etnis Han yang dapat berbahasa Mandarin dan sisanya lagi sebanyak 40% berbicara dengan dialek lainnya.

Selain bahasa Mandarin, ada lagi bahasa yang dipakai secara luas yakni bahasa Turki, Korea, Uygur, Tibet dan Mongolia.

Banyak yang sering berpikir bahwa mereka yang tinggal di belahan lain Cina tidak mampu berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di seberangnya.

Dari perspektif agama, Cina secara resmi adalah ateis. Buddhisme adalah agama terbesar dengan lebih dari 100 juta penganut. Taoisme adalah terbesar kedua yang paling populer. Dan hanya segelintir penduduk yang menganut Islam dan Kristen tapi tidak begitu signifikan.

Demikian gambaran umum mengenai Cina, negri ini sangat luas dan unik, dan hal inilah yang membuat Cina menjadi salah satu tujuan wisata yang menyenangkan. ;)


Pasang Iklan di JalanJalanAsyik.Com Sangat Mudah, klik di sini...
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Plugin from the creators ofBrindes Personalizados :: More at PlulzWordpress Plugins